KPU Sulbar Sosialisasikan Pemilu 2019 Lewat Pintu Kesenian

MAMUJU,SR. – Banyak cara memberikan pendidikan dan sosialisasi politik kepada masyarakat. Salah satunya melalui pintu seni budaya. Seperti yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat, menyongsong pemilihan umum (pemilu) tahun 2019, KPU Sulbar menghelat acara bertajuk lomba seni budaya yang dipusatkan di rumah adat (rudat) di Mamuju, Sabtu (21/4/2018).

Kabag hukum, tehnis dan humas KPU Sulbar Muhammad Arman kepada Sulbar Raya. com usai tehnical metting lomba di aula KPU, Jumat (20/4/2018) menjelaskan, tujuan lomba seni budaya itu sebagai bentuk sosialisasi KPU demi meningkatkan partisipasi masyarakat di pemilu 2019 nanti. “Dengan model sosialisasi lewat lomba seni budaya, kita berharap ada peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019 mendatang,” ujar Arman.

KPU Sulbar lanjut Arman, sengaja melibatkan seluruh lapisan masyarakat, mulai dari pelajar tingkat SMA, mahasiswa dan kalangan umum karena pemilu adalah milik semua masyarakat yang mempunyai hak pilih. “Kita melakukan sosialisasi tidak sebatas hanya melibatkan parpol, tetapi turun hingga ke pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum. Kita memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat ubtuk berpartisipasi menyongsong pemilu 2019,” ungkapnya.
Di tempat sama, komisioner KPU Sulbar Adi Arwan Alimin, SPd menekankan, lomba seni budaya merupakan kegiatan serentak yang dilaksanakan KPU di seluruh Indonesia. Kegiatan itu sendiri urai Adi, diharapkan mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu. “Dengan meilbatkan komunitas seni dan individu seniman yang kompoten dibidangnya, kita berharap lomba ini bisa membawa gema kepada publik bahwa kita sudah memasuki tahapan awal dari pemilu 2019,” tutur Adi.

Adi menjelaskan, sosialisasi pemilu 2019 melalui pintu kesenian karena seni budaya merupakan bagian dari aktivitas yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat dan tergolong mudah dilaksanakan.
Sekadar diketahui, lomba seni budaya yang digelar KPU Sulbar diantaranya musik akustik, tari kreasi dan lomba baca puisi bertema demokrasi. Bagi anda yang ingin menyaksikan acara tersebut, silakan datang ke rudat Mamuju mulai pukul 11.00 – selesai, Sabtu (21/4/2018) Selain gratis, panitia juga akan menyiapkan door prize kepada pengunjung. DMU-1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *